Halaman

Selasa, 30 April 2013

MENOLONG ORANG LEMAH

Sampaikanlah keperluan orang yang tidak mampu menyampaikan keperluan kepada sultan. Barang siapa yang menolong menyampaikan keperluan orang tersebut kepada sultan, kelak di hari kiamat Allah SWT akan menetapkan kedua telapak kakinya di atas shirathal mustaqim.

Penjelasan :


Menolong sesama saudara merupakan hal yang dianjurkan. Barang siapa yang menolong saudaranya yang kesusahan, niscaya Allah SWT akan membalas dan menolongnya di hari ketika ia mendapat kesulitan. Dalam hadis ini di sebutkan bahwa barang siapa yang menolong orang yang tidak mampu menunaikan hajatnya, niscaya Allah akan memantapkan kedua telapak kakinya di atas shiratal mustaqim. Atau  dengan kata lain ia tidak akan tergelincir dan dapat melaluinya sehingga masuk surga.
Dalam hadis lain disebutkan, bahwa Allah SWT selalu menolong hamba-Nya, selagi hamba-Nya mau menolong saudaranya. Dan dalam hadis yang lain disebutkan bahwa barang siapa yang menolong saudara mukminnya dari suatu kesulitan di dunia, niscaya Allah akan menolongnya dari suatu kesulitan di hari kiamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar